31 Maret 2009

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PENEMUAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI

BAB I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan pengalaman penulis selama mengajarkan matapelajaran matematika, menemukan bahwa sebagian besar hasil belajar atau pengatahuan yang diperoleh siswa tidak tahan lama untuk diingat atau mereka mudah melupakannya. Salah satu faktor penyebabnya adalah pendekatan yang digunakan oleh guru kurang efektif dalam proses pembelajaran. Pendekatan mengajar guru masih menggunakan pendekatan tradisional, yaitu siswa secara langsung diberikan rumus tanpa memberikan konstribusi ide dalam pembelajaran.

C. Batasan dan Rumusan Masalah

D. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri ............melalui penggunaan metode penemuan dalam proses pembelajaran

E. Manfaat Hasil Penelitian

BAB II. KAJIAN PUSTAKA

A. Kajian Teori

1 . Pengertian Belajar

2. Pengertian mengajar

3. Pengertian pembelajaran

4. Pengertian hasil belajar

5. Metode Pembelajaran Melalui Metode Penemuan

B. Kajian Hasil Penelitian

BAB III. METODE PENELITIAN

A. Objek Tindakan

B. Subjek Penelitian

C. Metode Pengumpulan Data

D. Metode Analisis Data

E. Cara Pengambilan Kesimpulan

BAB IV. HASIL PENELITIAN

A. Gambaran Selintas tentang Setting

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan; pelaksanaan tindakan; observasi dan evaluasi analisis dan refleksi.

Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah :

1. Faktor input, meliputi:

a. Siswa Kelas V SD Negeri ......... yang mengikuti pembelajaran matematika melalui metode penemuan.

b. Materi pelajaran yaitu: luas bangun datar

c. Lingkungan belajar siswa

Mengingat kemampuan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika cenderung masih rendah, maka akan diamati seberapa besar tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan.

2. Faktor proses, yaitu: proses pembelajaran matematika melalui metode penemuan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah terjadi atau ada interaksi antara guru dengan siswa serta antara siswa dengan siswa agar kegiatan belajar mengajar berlangsung efektif dan efisien.

3. Faktor hasil, yaitu: hasil belajar yang diperoleh siswa setelah diberikan tes pada akhir siklus.

B. Uraian Penelitian Secara Umum

C. Penjelasan Per siklus

D. Proses Menganalisis Data

E. Pembahasan dan Pengambilan Kesimpulan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain:

1. Hasil tes belajar siswa kelas V SDN ........ mengalami peningkatan. Pada siklus I, rata-rata skor siswa 6,77 menjadi 7,35 pada siklus II.

2. Terjadinya peningkatan jumlah siswa siswa kelas V SDN ......... yang tuntas belajar dari 11 siswa untuk siklus I menjadi 17 siswa untuk siklus II.

3. Keberanian siswa meningkat untuk tampil kedepan kelas menjawab soal-soal latihan maupun soal-soal tugas di papan tulis.

4. Metode penemuan ternyata selain meningkatkan pemahaman matematika juga dapat ditandai dengan meningkatnya kemandirian siswa dan rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

B. Saran

.....................

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN