29 Januari 2009

Contoh Laporan PTK Matematika SD

Judul : PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN NEGERI 07 TEGAL PARANG JAKARTA SELATAN


BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan. Proses pendidikan tak dapat dipisahkan dari proses pembangunan itu sendiri. Pembangunan diarahkan dan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya yang berkualitas. Manusia yang berkualitas dapat dilihat dari segi pendidikan. Hal ini terkandung dalam tujuan pendidikan nasional, bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, selain beriman, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa serta sehat jasmani dan rohani, juga memiliki kemampuan dan keterampilan.

Dengan penegasan di atas berarti peningkatan kualitas sumber daya manusia haruslah dilakukan dalam konteks peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui model pengajaran yang efektif dan efisien serta mengikuti perkembangan zaman.

Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak tertentu terhadap sistem pengajaran. Pandangan mengenai konsep pengajaran terus-menerus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajauan ilmu dan teknologi.

Sejauh ini pendidikan masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu, diperlukan sebuah strategi belajar ‘baru’ yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri.

Ada kecenderungan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan belajar diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetensi jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam jangka panjang.

Berdasarkan wawancara dengan guru SD Negeri 07 Tegal Parang dan berdasarkan pengamatan penulis secara langsung, diperoleh gambaran bahwa ternyata kesulitan yang dihadapi oleh para siswa adalah mereka kurang mampu mengaitkan konsep-konsep matematika yang dipelajarinya dengan kegiatan kehidupan sehari-hari. Dan pada umumnya siswa belajar dengan menghafal konsep-konsep matematika bukan belajar untuk mengerti konsep-konsep matematika. Selain itu, siswa kesulitan dalam memecahkan soal-soal matematika yang berbentuk aplikasi, bahkan lebih jauh dari itu ada kesan siswa menganggap pelajaran matematika hanya merupakan suatu beban, sehingga tidak heran jika banyak siswa yang tidak menyenangi pelajaran matematika. Di sisi lain, metode dan pendekatan yang diterapkan oleh guru umumnya masih menerapkan metode ceramah atau ekspositori .

Oleh karena itu pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan strategi yang cocok diterapkan dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa SD Negeri 07 Tegal Parang dalam proses belajar matematika. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil.

Dalam konteks tersebut, siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya, dalam status apa mereka, dan bagaimana mencapainya. Mereka sadar bahwa apa yang mereka pelajari berguna bagi kehidupannya. Dengan demikian mereka memposisikan diri sebagai dirinya sendiri yang memerlukan suatu bekal untuk masa depannya. Dengan pembelajaran berbasis kontekstual diharapkan akan mempermudah dalam memahami dan memperdalam matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penulis melakukan penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 07 Tegal Parang Jakarta Selatan.

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan pengalaman penulis selama mengajarkan matapelajaran matematika, menemukan bahwa ternyata kesulitan yang dihadapi oleh para siswa adalah mereka kurang mampu mengaitkan konsep-konsep matematika yang dipelajarinya dengan kegiatan kehidupan sehari-hari. Dan pada umumnya siswa belajar dengan menghafal konsep-konsep matematika bukan belajar untuk mengerti konsep-konsep matematika. Selain itu, siswa kesulitan dalam memecahkan soal-soal matematika yang berbentuk aplikasi, bahkan lebih jauh dari itu ada kesan siswa menganggap pelajaran matematika hanya merupakan suatu beban, sehingga tidak heran jika banyak siswa yang tidak menyenangi pelajaran matematika. Di sisi lain, metode dan pendekatan yang diterapkan oleh guru umumnya masih menerapkan metode ceramah atau ekspositori .

C. Pembatasan dan Rumusan Masalah

Pada penelitian ini dibatasi pada siswa kelas V SD Negeri 07 Tegal Parang dan masalah yang akan diteliti dibatasi pada peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis kontekstual. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana mengimplementasikan pembelajaran matematika berbasis kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 07 Tegal Parang?”


D. Tujuan Penelitian

Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini yakni:

1. Mengimplementasikan pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada siswa Kelas V SD Negeri 07 Tegal Parang.

2. Meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas V SD Negeri 07 Tegal Parang melalui pembelajaran berbasis kontekstual.

E. Manfaat Hasil Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Bagi siswa: dapat mempermudah dalam memahami konsep-konsep matematika yang terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa .

2. Bagi guru: sebagai acuan dalam mendapatkan cara yang efektif dalam penyajian pelajaran.

3. Bagi sekolah: sebagai masukan dalam upaya perbaikan pembelajaran sehingga dapat
menunjang tercapainya target kurikulum dan daya serap siswa seperti yang diharapkan.

.......
...............Lanjutan dari laporan PTK ini, silahkan email: Contoh.PTK@gmail.com
Thanks........

27 komentar:

  1. tolong minta lanjutan dari ptknya, sebagai masukan bagi kami untuk meningkatkan prestasi siswa kami

    BalasHapus
  2. mas tolong kirimkan contoh proposal dan laporan ptk untuk sd kelas tinggi, terima kasih. ini adalah alamat emailku: ganiibrahim6@gmail.com

    BalasHapus
  3. mohon lanjutan dari laporan PTK Matematika

    BalasHapus
  4. gimana cara ngeliat ptk ini secara lengkap??? thanx

    BalasHapus
  5. terimaksih, ya. Tapi saya mohon dikirim yang lengkap

    BalasHapus
  6. saya minta tolong kiraimkan ke email saya..
    achenk.cool@gmail.com.
    trima kasih..

    BalasHapus
  7. o ya imal saya zhavieyan@yahoo.co.id

    BalasHapus
  8. tolong di kirimi lengkapnya contoh ptk ke email sya : datumamben@gmail.com
    thanks sblumnya

    BalasHapus
  9. bagaimana kelanjutan laporan proposal ini pak??

    BalasHapus
  10. tolong dkrim kemail q ya gan..:nicsadrs@gmail.com

    BalasHapus
  11. tolong dikirim lanjutan nya ke mr_wirta@yahoo.com

    BalasHapus
  12. tolong dikirim ptk secara lengkap untuk sd mapel ipa, mtk, ips

    BalasHapus
  13. tolong kirimkan PTK nya secara lengkap
    email : eunsalsal@gmail.com

    BalasHapus
  14. masss kirimin ke email saya lanjutannya ya,,, dan kalau bisa PTK yang lain yang penting untuk SD terutama kelas 3
    email :ahan_se@yahoo.com

    BalasHapus
  15. tolong kirimkan PTK nya yang lengkap yach ke
    email : dewi_andini18@yahoo.com

    sebelum'y terimakasih
    :)

    BalasHapus
  16. tolong kirimkan PTK kelas IV SD yang lengkap yah? di emailku, muslimahsamid.ppkhb@yahoo.co.id, thanks

    BalasHapus
  17. Tolong lanjutan PTK matematika kelas 2 kirim di emailku, dewiq13@gmail.com. terimakasih...

    BalasHapus
  18. mas minta lanjutan ptk ini.
    alamt: firmansyahpurwanegara@gmail.com

    BalasHapus
  19. Thanks, tlng kirim komplit ke sri_widayati@yahoo.co.id

    BalasHapus
  20. tlong krim lanjutannya ke email saya..

    ninahtumak@yahoo.com
    maksih

    BalasHapus
  21. admin aq minta bantuannya, tolong kirim laanjutan PTK-nya ke anita.siska60@ymail.com
    trims..!!!

    BalasHapus
  22. tolong minta lanjutan PTK nya ke yayataryadi55@yahoo.co.id, trimakassih atas bantuannya

    BalasHapus
  23. sore gan,thaks infonya .
    kalo ada kelanjtanya lebih lengkap dan jelas bisa mint tolong dikirim ke email ab64su@yahoo.com

    BalasHapus
  24. minta tolong mas kirim ke email saya ptk matematika sd kls 4 ya, mas. trims. (iissalamah@gmail.com)

    BalasHapus
  25. minta tolong mz, kirimin lanjutan nya ke email saya.
    suksesnyasitihamidah@gmail.com
    terimakasih

    balas

    BalasHapus
  26. mohon bapak sudi mengirimkan kelanjutan contoh PTK ini ke email saya.r3fiyoan@gmail.com terimaksih atas bantuan bapak

    BalasHapus